Sabtu, 19 Desember 2015

Jalan-jalan ke Kota Palembang Yuk!

Kalo mendengar kota Palembang, apa yang akan kita pikirkan? Kulinernya? Atau tempat wisatanya? Semuanya ada di Kota Palembang. Nggak cukup sehari untuk kita jalan-jalan menelusuri kota Palembang dan mencoba kuliner-kulinernya. Kota Palembang sendiri sudah berusia 13 abad, dan terdapat banyak jejak-jejak Sejarah. Tempat wisatanya ada Punti Kayu, Bukit Siguntang, Sungai Musi, yang mau shopping banyak juga mall seperti Palembang Trade Center (PTC), Palembang Square (PS), Palembang Icon (PI), Palembang Indah Plaza (PIM) dan International Plaza (IP). 
Ngomongin soal sejarah di Kota Palembang dari zaman Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang Darussalam, sampai zaman Kolonial Belanda. Di sepanjang Jl. Merdeka dan setikarnya kita masih bisa melihat bangunan kuno dari masa kolonial. Seperti Kantor Walikota Palembang, Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Sumatera Selatan. Yang pernah menjadi trend gaya hidup di Indonesia pada awal abad XX, dikenal dengan istilah "Gaya Indis". Percampuran gaya Eropa dan Indonesia.
Kerajaan Sriwijaya pada 7 Masehi, merupakan kerjaan Maritim. Banyak transaksi perdagangan yang melewati sungai Musi yang ada di Kota Palembang. Termasuk dari Cina. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerjaan yang mengenalkan Agama Budha di daerah ini, bisa dilihat bukti sejarahnya di Bukit Siguntang. 
Di Kota Palembang, terdapat warisan nenek moyang berupa Songket, pengerjaan Songket bisa selama 3 bulan. Di jaman dulu, Songket dibuat dari benang emas dan kain sutra dari India, Cina dan Arab. Songket kuno yang berusia 1 abad, bisa diberi harga sampai 50 juta.
Di Kota Palembang ada pasar tradisional yang bernama Pasar Cinde, yang sudah ada pada saat zaman Belanda dulu, pembuatan bangunan permanen pada tahun 1958. Kota Palembang ini sendiri terbagi 2 bagian, yaitu Sebrang Ulu yang terletak di sebelah Selatan, dan Sebrang Ilir terletak di pusat kota. Masih banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Kota Palembang. Kuliner-kulinernya juga nggak kalah enak. Next post, gw akan ngelanjutin tentang Kota Palembang, sejarahnya dan kuliner-kulinernya. Yuk, ke Kota Palembang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar